Inovasi Content Commerce Hadir lewat Vidio Shopping, Hasil Kolaborasi Shopee & Vidio

Aplikasi Video Streaming-dok.istimewa-
PAPUABARATDAYA.DISWAY.ID - Vidio, platform over-the-top (OTT) nomor satu di Indonesia, resmi meluncurkan fitur terbaru bernama Vidio Shopping, yang berkolaborasi bersama dengan Shopee. Fitur ini menjadikan Vidio sebagai platform OTT pertama di Indonesia yang mengintegrasikan fitur afiliasi e-commerce langsung ke dalam tayangan streaming.
Melalui kerja sama strategis ini, penonton kini bisa berbelanja produk dari Shopee secara langsung saat menikmati konten favorit di Vidio. Inovasi ini hadir dalam bentuk “Vidio Affiliate Shopping Ads”, yang memungkinkan pengalaman belanja jadi lebih kontekstual, interaktif, dan seamless, tanpa harus berpindah aplikasi atau layar.
Peluncuran Vidio Shopping ini mempertegas peran Vidio sebagai pelopor dalam tren content commerce yang tengah berkembang pesat di Indonesia. Tren ini membawa transformasi dari sekadar menyajikan konten informatif menjadi saluran penjualan langsung yang terintegrasi dengan media digital dan platform sosial.
Pada fase awal peluncuran, fitur ini tersedia dalam berbagai tayangan unggulan Vidio, seperti Premier League, Asmara Gen Z, dan Vidio Original Series, di mana penonton dapat melihat dan membeli produk melalui aplikasi Shopee tanpa harus meninggalkan layar. Cukup dengan mengklik ikon keranjang atau banner yang muncul dalam konten, pengguna akan diarahkan ke halaman produk Shopee untuk proses checkout yang cepat dan mudah.
Kolaborasi Vidio dan Shopee juga bertujuan untuk memberdayakan pelaku bisnis dari berbagai skala, termasuk UMKM dan brand lokal, agar bisa menjangkau konsumen melalui medium yang lebih relevan dan menyatu dengan kebiasaan pengguna digital masa kini.
Hingga saat ini, fitur Vidio Shopping masih dalam fase percobaan dengan 15 brand yang telah bergabung dalam ekosistem “content commerce” ini, termasuk Wondermist, FFAR, Majika, Wardah, Emina, Kahf, Make Over, Samsung, Somethinc, Amaterasun, Hint, Nivea, Eiger, Colorbox, dan The Executives.
Fitur Vidio Shopping akan membantu penonton berbelanja di Shopee sambil menonton konten tayangan yang mereka sukai di Vidio dengan cara yang mudah, antara lain:
- Langkah 1: Klik tombol ‘Play’ pada konten tayangan yang ingin ditonton di Vidio.
- Langkah 2: Penonton dapat melihat daftar lengkap dan informasi tentang setiap produk di bagian banner atau ikon keranjang yang akan muncul di konten tersebut.
- Langkah 3: Jika penonton mengklik produk yang disuka, kemudian akan langsung diarahkan ke halaman produk di Shopee. Penonton dapat memasukan produk ke keranjang Shopee maupun klik ‘Beli Sekarang’ dan langsung checkout produk dengan cepat dan mudah.
Sutanto Hartono, CEO Vidio mengatakan, “Kolaborasi ini menandai lompatan inovasi dalam lanskap periklanan digital. Lewat Vidio Shopping, kami menggabungkan kekuatan konten streaming dengan tur belanja interaktif dari Shopee, menghadirkan format iklan terintegrasi yang muncul di saat paling relevan, ketika penonton menikmati konten favorit mereka. Kami bangga dapat bermitra dengan Shopee sebagai platform e-commerce terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara, sekaligus membuka peluang monetisasi baru serta menetapkan standar inovasi bagi ekosistem konten dan commerce di tanah air.”
Sementara itu, Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth, Shopee Indonesia menambahkan, “Shopee senang dapat bekerjasama dalam program inovatif yang dihadirkan Vidio, yang secara cerdas mengubah momen-momen paling engaging dalam sebuah tayangan menjadi pengalaman belanja yang relevan dan seamless. Kami melihat kolaborasi ini dapat membantu para penjual di platform kami semakin terhubung dengan lebih banyak calon pembeli melalui konten menarik yang dihadirkan oleh Vidio. Dan kedepannya akan semakin mendorong pertumbuhan dan peningkatan penjualan bagi bisnis UMKM dan brand lokal.”
Fitur Vidio Shopping mulai masuk tahap percobaan sejak 25 Juli 2025. Ini merupakan langkah nyata dari Shopee dan Vidio dalam menghadirkan inovasi iklan digital dan pengalaman belanja yang terintegrasi langsung dengan kebiasaan menonton masyarakat Indonesia.
Dengan pengembangan ke depan yang mengusung personalisasi yang memungkinkan setiap penawaran disesuaikan dengan minat dan perilaku menonton pengguna, Vidio Shopping diproyeksikan menjadi fondasi kuat bagi masa depan content commerce di Indonesia — mengubah penonton pasif menjadi pembeli aktif dalam satu layar.
Sumber: